Ciri Akun Toko Kamera Palsu yang Marak di Media Sosial

Ciri Akun Toko Kamera Palsu yang Marak di Media Sosial

Seiring dengan semakin berkembangnya ilmu teknologi seperti saat ini, tentunya semakin besar pula kemungkinan adanya penyimpangan yang terjadi. Salah satunya adalah dengan semakin banyaknya akun penipuan, terlebih dalam hal jual beli. Nah, berikut ini akan diberikan penjelasan terkait dengan apa saja ciri dari akun Toko Kamera palsu yang sedang marak di media sosial.

Akun media sosial tentunya akan lebih mudah dihapus untuk menghilangkan jejak. Dan para penipu pun bisa membuat akun baru untuk kembali melancarkan aksinya dalam menipu banyak orang.

Ciri Akun Toko Kamera Palsu

1. Harga Kelewat Murah dari Pada Pasar

Pada umumnya, akun penipuan macam ini akan menjanjikan harga barang yang jauh lebih murah dari pada harga yang ada di pasaran. Bahkan, harga yang ditawarkan ini sering tidak masuk akal. Sebagai contohnya adalah untuk harga dari produk kamera yang terkenal sangat mahal namun bisa dijual dengan harga miring bahkan jauh dari harga pasarannya.

Biasanya, akun palsu ini juga akan mengatakan bahwa harga-harga yang ditawarkan ini merupakan harga promo karena sedang ada banyak diskon. Terlebih jika mengambil beberapa barang sekaligus, maka akun toko palsu ini akan memberikan bonus berupa kamera gratisan. Bahkan, akan dituliskan juga bahwa barang tersebut merupakan barang black market atau yang sering disebut BM.

2. Akun Baru dan Tidak Memiliki Banyak Postingan

Hal yang paling mudah diperhatikan dari akun toko palsu yang cukup marak di media sosial adalah seringnya akun penjual baru dibuat dan tidak memiliki banyak postingan barang di dalamnya. Nama dari akun toko palsu ini juga terkesan dibuat ala kadarnya, dan ketika Anda mencari maka akan tampil juga beberapa toko dengan nama yang hampir sama ataus serupa.

3. Tidak Menerima Pelanggan Offline

Karena penipuan ini dilakukan dengan menggunakan media online, maka pemilik akun pun tidak akan pernah mau jika tokonya di datangi secara langsung. Hal ini biasanya dikemukakan dengan berbagai alasan, bahkan mengatakan bahwa tidak memiliki toko offline.

Selain itu, toko penipuan ini juga akan mengatakan bahwa barang yang dijual tersebut merupakan barang ilegal, jadi tidak akan aman jika transaksi dilakukan secara terang-terangan. Tentunya pihak dari pemilik akun akan mencoba segala cara agar Anda percaya dan melakukan pembelian secara online.

Namun terkadang, akan ada masa dimana pihak toko penipu ini akan menyetujui pertemuan untuk melakukan transaksi secara langsung, hanya saja lokasinya cukup jauh dan tidak masuk akal. Bahkan, akun ini akan menggunakan alamat palsu untuk menipu Anda.

4. Tidak Bisa Mengirimkan Foto Barang dengan Nama Pembeli

Salah satu cara paling mudah untuk memastikan bahwa akun tersebut merupakan akun penipu adalah dimana tidak bisa mengirimkan foto barang pembelian sesuai dengan nama pembelinya. Tentunya pihak penjual bodong ini akan berkelak dengan alasan bahwa Anda tidak percaya akan penjual tersebut.

Padahal, jika itu merupakan akun penjual asli, maka hal seperti itu akan sangat mudah untuk dilakukan. Karena untuk mendapatkan kepercayaan dari pembeli sangatlah sulit dilakukan, terlebih jika tidak memiliki kualitas yang baik.

Satu hal terakhir yang sering terjadi ketika seseorang tertipu akan akun bodong adalah dimana pihak penjual palsu tersebut akan mengatakan bahwa barang Anda sedang tertahan bea cukai. Dimana Anda harus membayarkan sejumlah biaya lagi untuk menebus barang Anda tersebut.

Untuk itulah, sebaiknya Anda memastikan dulu bahwa memang toko kamera yang Anda pilih merupakan akun toko asli dan sudah terpercaya. Salah satu contohnya adalah Anda bisa membeli kamera berkualitas dengan beragam penawaran terbaik di Blibli. Karena aplikasi Blibli tentunya akan memberikan pelayanan terbaik untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *